Rabu, 09 Desember 2015

GRESIK

Kalau orang dengar kata 'Gresik' mereka akan melontarkan dengan cepat "Oh,kota Semen, "Panas" "Sumpek", "Deket Surabaya" "Semen" dan lain-lain.Gresik adalah kota kelahiranku dan kota kelahiran ibuku. Dari belum lahir sampai sudah segede ini, aku tinggal di Gresik. Bisa dibilang, Gresik adalah kota Industri. Banyak pabrik-pabrik disana. mulai dari pabrik Semen, Pupuk, Minyak, Mie dan semacamnya. 


Gresik merupakan kota Santri dan kota wali. kenapa? karena di Gresik merupakan keberadaan para Wali. yaitu Sunan Giri dan Syekh Maulana Malik Ibrahim. alasan Gresik disebut sebagai kota Santri karena keberadaan pondok-pondok pesantren dan sekolah yang bernuansa islami. Hasil kerajinan dari Gresik juga berbau Islami, seperti kopyah, Sarung, Mukenah dll.

kabupaten Gresik yang merupakan subwilayah pengembangan bagian tidak terlepas dari kegiatan subwilayah pengembangan gerbang Kertasusila (Gresik, Bangkalan, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan) termasuk salah satu bagian dari 9 subwilayah pengembangan jawa timur yang kegiatannya diarahkan pada sektor pertanian, industri, perdagangan, maritim, pendidikan dan industri wilayah.

Makanan Khas Gresik juga tak kalah dengan makanan khas Kota lainnya. Gresik mempunyai berbagai makanan khas. seperti Pudak, Otak-otak bandeng, Nasi Krawu, Jenang Jubung, Nasi Rumo, Bonggolan dll.

Pudak (sumber: foto)


Nasi Krawu (sumber: foto)
5 Makanan Khas Gresik Yang Terkenal
Nasi Rumo (sumber: foto)